Minggu, 06 November 2011

PENGENALAN INTERNET PADA TUNANETRA/DEFABEL


PENGENALAN INTERNET PADA TUNANETRA/DEFABEL

A.   Pengertian Internet
Internet berasal dari dua buah kata yaitu: inter yang berarti antar, dan net yang berarti jaringan. Jadi secara harfiah internet berarti antar jaringan. Adapun pengertian internet menurut istilah adalah jaringan komputer dengan ruang lingkup internasional. Jaringan ini telah didesain sedemikian rupa sehingga kerusakan disuatu bagian tidak mempengaruhi  jaringan secara keseluruhan. Pada awalnya internet ini merupakan proyek Pemerintah Amerika yang dikenal dengan nama DARPA (Defense Advances Research Project Agency).
Selain internet ada juga intranet. Perbedaannya dengan internet adalah : internet merupakan jaringan komputer di seluruh dunia, sedang intranet merupakan jaringan komputer dalam ruang lingkup sebuah perusahaan. Baik internet maupun intranet keduanya pada umumnya menggunakan kabel telpon sebagai koneksi.
Proyek Pemerintah Amerika ini berkembang dengan cepatnya menjadi internet, yang hadir di tengah masyarakat untuk keperluan komersial dan akademis. Internet ini berkembang lebih cepat sejak tahun 90-an seiring ditemukannya TCP/IP (Transmition Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP ini adalah komputer yang berfungsi untuk menangani pengiriman dan penerimaan data dari komputer satu dengan komputer lain. Jadi TCP/IP atau sering disebut protokol ini fungsinya sama dengan bahasa yang biasa digunakan oleh manusia untuk berhubungan dengan manusia yang lain.

B.   Koneksi ke Internet
Untuk dapat menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lain, hardware tambahan yang diperlukan adalah modem. Modem diperlukan untuk menterjemahkan data yang dikeluarkan oleh komputer yang berupa data digital, menjadi data analog sehingga dapat dikirim melalui kabel telpon. Setelah data itu sampai di komputer lain, terlebih dahulu data itu diubah kembali menjadi data digital oleh modem. Jadi fungsi modem adalah mengubah data digital menjadi data analog dan mengubah kembali data analog menjadi data digital.
Selanjutnya agar komputer Anda dapat terkoneksi ke internet, Anda harus mendaftar ke penyedia layanan internet atau sering dikenal dengan ISP (Internet Service Provider). Dari ISP Anda akan mendapatkan nomor account atau IP Address. IP Address ini adalah alamat untuk komputer Anda. IP Address ini berupa kode-kode angka. Pada umumnya manusia lebih mudah mengingat kata dari pada angka, karena itu IP Address diubah menjadi nama domein yaitu alamat komputer (IP Address) yang sudah diubah menjadi kata-kata. Contoh: ketika mendaftar ke ISP, IP Address yang didapatkan mungkin bernomor 8192, Agar lebih mudah diingat angka itu diubah menjadi www.mitranetra.or.id.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar