Rabu, 16 November 2011

CARA MENYIMPAN DOKUMEN KEDALAM MS WORD BAGI TUNANETRA/DEFABEL

MENYIMPAN DAN MEMBUKA DOKUMEN

A.   Menyimpan Dokumen Menggunakan Program Microsoft Word

Sebelum kita menyimpan dokumen, coba ketik satu karangan yang Anda inginkan untuk kemudian disimpan sebagai arsip. Bila Anda sedang tidak ada sesuatu yang ingin ditulis, coba ketik bacaan berikut.

Kebahagiaan Diperoleh dari Memberi

Kisah ini bercerita tentang seorang wanita cantik bergaun mahal yang mengeluh kepada psikiaternya bahwa dia merasa seluruh hidupnya hampa  tak berarti.

Setelah Anda mengetik sebuah dokumen, sekarang Anda bisa menyimpannya menjadi sebuah file.

1.     Menyimpan Dokumen ke dalam Program Microsoft Word dan Memberi Nama File

Untuk menyimpan ke dalam program Microsoft Word, lakukan langkah-langkah berikut:
-         Aktifkan Menu Bar  (Alt), pilih File (F).
-         Tekan panah bawah sampai JAWS  mengatakan, “Save Ctrl plus S”, tekan enter untuk memberikan perintah pada Microsoft Word untuk menyimpan, (short-cut Control-S). Di layar akan muncul kotak dialog Save.

Gabaran kotak dialog Save
Kotak dialog save terdiri dari beberapa bagian. Ketika kita baru mengeksekusi perintah save, posisi kursor berada di file name (tempat menuliskan nama file), untuk berpindah ke bagian lain digunakan tombol tab untuk ke bagian berikutnya, atau Shift-tab untuk ke bagian sebelumnya. Dari posisi sekarang yaitu file name, coba tab maka akan berpindah ke:
-         File Subtype combo box (kotak kombo yang berisi jenis-jenis program yang akan digunakan untuk menyimpan dokumen), dari sini jika ingin kembali ke tempat menuliskan nama file (file name) Anda dapat menekan Shift-tab. Dari file subtype combo box ini bila ditekan tab terus menerus akan melalui:
-         Save button (tombol simpan),
-         Cancel button (tombol cancel),
-         Save in: combo box (tempat memilih folder yang akan digunakan sebagai tempat penyimpanan),
-         Back list box,
-         History,
-         Dan terakhir adalah folder View list view (tempat memilih nama file yang ingin disimpan). Dari sini bila ditekan tab sekali lagi akan kembali di file name.
-         Untuk sementara kembalikan kursor pada tempat menuliskan nama file (file name) dan abaikan bagian lain. Di sini tulis nama file. Untuk menuliskan nama file ini Anda diperbolehkan menuliskan sampai dua ratus huruf tanpa tanda baca. Untuk sementara gunakan nama file dengan nama file1.
-         Setelah mengetikkan nama file, tekan enter, maka file tersebut akan disimpan.

Keterangan:
Untuk membuktikan bahwa file tersebut telah tersimpan tekan Insert-T maka komputer akan mengatakan: “Title equals.” Dilanjutkan dengan nama file yang telah kita ketikkan lalu dilanjutkan lagi dengan Microsoft Word. Sebagai contoh jika file yang telah diketik adalah File1 maka JAWS akan mengatakan: “Title equals. File1 dash Microsoft Word edit.”





Tidak ada komentar:

Posting Komentar