Senin, 07 November 2011

METODE BELAJAR DEFABEL DALAM MENGAKSES WEB SITE


LANGKAH-LANGKAH MENGAKSES WIB SITE BAGI TUNANETRA/DEFABEL
1.     Mengakses Web Site
Untuk mengakses Web Site ikuti langkah-langkah berikut:
-         Aktifkan internet explorer dengan cara: aktifkan start menu, pilih programs, pilih internet explorer, tekan enter.
-         Setelah internet explorer aktif, Anda dapat membuka web site yang diinginkan dengan cara:
-         Tekan Alt-D atau Ctrl-O lalu ketik alamat web site yang diinginkan misalnya www.boleh.com.
-         Tunggu hingga halaman webnya tampil.

Biasanya JAWS akan memberi tanda bahwa web site yang Anda buka telah tampil dengan membacakan isi web site yang bersangkutan. Jika JAWS membaca isi web site secara terus menerus tanpa henti, Anda dapat menghentikannya dengan menekan tombol control.
Setelah halaman web tampil, Anda dapat menelusuri halaman web tersebut dengan menggunakan tombol anak panah. Dalam membaca halaman web, lebih dianjurkan menggunakan anak panah atas/bawah baru kemudian bila kurang jelas dapat diperjelas dengan membaca per kata atau per huruf. Dengan panah/bawah maka JAWS akan membaca bila di dalam baris tersebut terdapat tanda link. Baris yang oleh JAWS didahului atau diakhiri dengan “link”, ini merupakan baris yang terhubung dengan bagian lain. Artinya bila Anda menekan enter pada baris yang didahului atau diakhiri dengan kata “link”, komputer akan membukakan isi dari link tersebut.
Setelah Anda menelusuri halaman utama dalam sebuah web site, Anda dapat menekan enter pada link yang menarik buat Anda. Untuk menuju ke isi link, tekan panah bawah beberapa kali sampai JAWS membaca isi link yang Anda enter. Setelah selesai membaca isi sebuah link, Anda dapat menekan Alt-panah kiri (back) untuk kembali ke tampilan sebelumnya.

2.     Menyimpan Artikel atau Bacaan Menarik ke dalam Microsoft Word
Ketika berjalan-jalan di internet, mungkin Anda menemukan artikel atau bacaan yang menarik yang  ingin disimpan ke dalam pengolah kata. Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut:
-         Masuk ke salah satu web site yang diperkirakan terdapat bacaan menarik.
-         Cari link yang sesuai, tekan enter.
-         Cari bacaannya dengan menekan panah bawah.
-         Setelah ketemu, tempatkan kursor di awal bacaan tersebut.
-         Tekan Shift-Ctrl-End untuk mengeblok bacaan tersebut.
-         Tekan Ctrl-C untuk menyalin bacaan tersebut ke dalam clipboard.
-         Aktifkan Microsoft Word, dan tekan Ctrl-V setelah Microsoft Word aktif, maka teks yang telah Anda salin ke clipboard akan ditempatkan pada layar Microsoft Word, yang selanjutnya dapat disimpan seperti biasa.

3.     Menggunakan Mesin Pencari atau Search Engine
Bagaimana caranya jika suatu saat Anda ingin mencari tentang sesuatu hal di internet tapi tidak tahu alamat web sitenya? Daftar web site yang ada di dunia tidak dapat ditampilkan oleh komputer, jadi kedengarannya sangat sulit untuk mendapatkan web site yang isinya seperti yang diinginkan. Akan tetapi janganlah heran bila hal ini mungkin bagi Anda. Dengan kemajuan teknologi dalam bidang internet, itu sangat memungkinkan. Caranya yaitu dengan menggunakan web site yang menyediakan fasilitas pencarian. Ada banyak web site yang menyediakan fasilitas pencarian seperti google, altavista, yahoo, incari dan masih banyak lagi, namun yang paling banyak dipakai adalah Google. Di sini akan diambil contoh misalnya Anda ingin mencari lembaga tunanetra, namun tidak tahu di mana alamatnya baik alamat kantornya maupun web sitenya. Untuk mencarinya di internet Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:
-         Aktifkan internet explorer.
-         Tekan Alt-D atau Ctrl-O untuk menuju ke address box, ketik www.google.com.
-         Setelah halaman web aktif, tekan panah bawah sampai komputer mengatakan “edit”, tekan enter.
-         Ketikkan tunanetra, tekan enter.
Setelah proses ini, komputer akan menampilkan situs-situs mengenai ketunanetraan seperti Mitra Netra, ataupun situs yang bukan secara khusus menerangkan tentang ketunanetraan, tapi di dalamnya terdapat artikel mengenai ketunanetraan. Untuk menelusurinya gunakan panah bawah/atas. Setelah menemukan situs yang dimaksud, Anda dapat menekan enter pada baris yang terdapat bacaan Cash- untuk langsung menuju ke situs yang dimaksud. Setelah situs yang dimaksud itu terbuka anda dapat membacanya dengan panah. Setelah selesai mengunjungi situs tersebut, Anda dapat menekan Alt-panah kiri (back) untuk kembali pada situs google dalam tampilan situs-situs yang Anda cari. Di sini Anda dapat menekan panah atas/bawah untuk beralih ke situs yang lain.
Dari satu topik pencarian mungkin anda ingin berganti topik pencarian maka tekan Alt-panah kiri lagi untuk kembali ke google dengan tampilan seperti semula. Dari sini tekan panah bawah/atas, cari kata edit dan tekan enter. Hapus kata yang sudah Anda ketik dengan tombol delete, lalu ketik topik pencarian yang lain, dan tekan enter, dan begitu seterusnya.

MITRANETRA (Jakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar